Oleh oleh cantik dari desa sukarare

5 Dec 2014

Wisata alam di pulau seribu masjid yang terdengar seperti suatu keunikan tersendiri menjadi aneh saat anda dengar, namun dalam hal ini sangat berbeda kenapa, karena dulu pulau lombok di kenal dengan sebutan pulau seribu masjid yang semua hal yang akan anda temui di pulau ini sangat kental dengan nuansa keagamaan dan ritual peribadatan saja, namun pada saat sekarang ini anda akan menemukan suatu hal yang berbeda dan sangat unik. Dari daerah yang kental dengan keagamaan tersebut berubah menjadi pulau yang memiliki segudang wisata yang sangat cantik indah dan mempesona. Dari setiap kawasan dan daerah di pulau lombok ini anda akan menenukan keindahan alam yang berbeda beda dan tidak bersifat sama atau monoton, semua hal tersebut dikarenakan objek objek wisata tersebut memiliki keindahan alam yang berbeda dan memiliki ciri khas tersendiri.

Namun selain daerah atau objek wisatanya pulau lombok juga memberikan oleh oleh buat anda bawa pulang dengan ciri khs tersendiri dan bisa anda jadikan sebagai kenangan yang sangat indah. Di pulau lombok terdapat sebuah desa yang dimana hapir sebagian besar penduduk desa setempat membuat kain tenun yang kualitasnya bagus dan hasil dari tenunan tersebut sudah menyebar luas di pulau lombok bahkan keluar pulau lombok itu sendiri. Daerah tersebut bernama desa sukarare, desa sukarare ini terkenal dengan sebutan daerah penghasil kain tenun terbaik di pulau lombok. Di desa sukarare ini juga menghasilkan kain tenun dan songket khas lombok dengan berbagai macam motif dan juga bisa membuat sesuai dengan keinginan anda sendiri.

Banyak sekali para wisatawan yang datang untuk berwisata serta untuk melihat langsung cara cara pembuatan kain yang indah tersebut.walaupun desa ini terbilang memiliki luas daerah yang kecil namun wisatawan lokal maupun asing yang datang ke desa sukarare ini sangat puas, karena pemandangan dan suasana desa ini begitu sejuk nyaman dan indah. Sehinggan para wisatawan senang sekali datang ke desa ini dan banyak membeli oleh oleh khas lombok yang berupa kain tersebut. Selain itu sebagian besar masyarakat atau penduduk yang tinggal di desa sukarare ini memiliki mata pencaharian berupa menenun kain. Sebagian para penenun kain di desa ini adalah anak perempuan, yang dimana mereka para perempuan yang tinggal di desa ini kerjanya hanya membuat kain kain yang indah ini, bahkan sejak mereka masih anak anak, para orang tua mereka sudah mengajarkan atau memberikan wawasan tentang kerajinan tenunnya sehingga kerajinan tenun ini masih tetap ada hingga sekarang dan di jadikan wisata yang membuat desa ini terkenal dan hasil kain mereka sangat diminati oleh para wisatawan yang datang ke desa sukarare ini.

Dahulu kala ada sebuah cerita yang berkembang di masyarakat desa sukarare ini yang dimana bahwa apabila kaum pria yang mengerjakan kain kain tenenunan ini, maka dari cerita rakyat tersebut para pria pria tersebut akan mengalami mandul atau dengan kata lain tidak bisa memiliki keturunan. Namun lambat laun mitos yang berkembang di desa itu itu mulai ditinggalkan karena sangat tidak masuk akal, namun itu namanya hanya mitos atau cerita rakyat yang hanya berupa sebuah kepercayaan yang bisa di yakini atau di percaya bisa juga tidak. Dan pada saat sekarang ini, mitos tersebut sudah tidak di percaya lagi dan anda juga akan menemui atau melihat beberapa kaum pria yang juga bekerja dan membantu melakukan kegiatan sebagai pekerja kain tenun. Biasanya, para pria ini mengerjakan Tenun ikat, misalnya kain selendang atau pengikat kepala yang di kenal dengan nama sapuq. Sementara itu kaum wanitanya mengerjakan Tenun Songket atau kain yang di pakai untuk upacara adat bahkan upacara keagamaan.

Selain berwisata ke desa sukarare ini dan melihat lihat kerajinan berupa kain tenun ini anda juga bisa ikut campur dalam pembuatan kain tenun tersebut. Anda akan di ajarkan oleh penduduk desa sukarare ini jadi anda tidak hanya melihat namun bisa juga coba membuat kain tersebut.

Yuuk lihat kerjainan unik l;ainnya di Lombok bersama Lombok Tour Plus 08573 985 3977


TAGS wisata wisata lombok oleh oleh lombok kerajinan lombok


-

Author

Follow Me