Wisata Religi Khas Suku Asli di Pulau Lombok

30 Sep 2014

Keaneka ragaman alam dan kebiasaan di pulau Lombok memang sudah di kenal sebagai daerah tujuan wisata favorit di Indonesia dan mancanegara. Karena selain keindahan dan keunikannya, daerah daerah tujuan wisata di pulau ini masih sangat tradisional dan alami serta memiliki sejarah atau ceritera tersendiri. Seperti keberadaan makam makam di Lombok Tengah berikut.

Makam Nyatok

Makan ini terletak tidak jauh dari masjid tua rambitan. Diamana di makamkannya seorang penyebar agama Islam yang bernama Wali Nyatok. Banyak warga yang sering datang ke makam ini untuk nyekar dan mengajukan permohonan yang di percaya akan terkabul, terutama permohonan akan keselamatan dan kesembuhan dari suatu penyakit tertentu. khususnya di hari rabu makam ini akan sangat ramai di kunjungi. Karena menurut wangsit dari penghuni makam bahwa dia ada di makam tersebut di hari Rabu. Air di makam inipun di keramatkan, biasanya di gunakan sebagai pengungkap suatu perkara atau kebenaran dari pengakuan sesorang, karena jika seseorang yang berbohong jika meminum air ini akan jatuh sakit dan mati. Berdasarkan ceritera penduduk setempat bahwa pada saat jasad wali Nyatok ini akan di kuburkan, di ketahui jasadnya menghilang, yang tertinggal di keranda hanya kain kafannya saja, atau yang di sebut dengan meninggal moksah.

Masjid Tua Rembitan

Sebuah masjid tua tak jauh dari makam Nyatok ini, memiliki fondasi yang terbuat dari tanah dengan bentuk tumapng bertingakat dua dan tanpa serambi ini di perkirakan di bangun pada abad ke 16. Di bangunnya masjid ini berhubungan dengan kedatangan dari pada wali Nyatok sebagai penyebar agama Islam. Di bagian dalam masjid terdapat empat buah tiang soko guru, mihrab dan mimbar. Dan di sebelah timur masjid terdapat bedug besar dari kulit kerbau. Bahan yang di gunakan untuk atap adalah alang alang dan ijuk, di mana masjid ini di kelilingi dengan pagar bata dan kayu.

Untuk mencapai lokasi ini di perlukan pengetahuan lokasi daerah desa Rambitan kecamatan Sengkol Lombok Tengah ini, karena untuk mencapai lokasi unik ini cukuplah berliku. Bersama travel agent yang berpengalaman dan terpecaya di jamin kita akan nyaman dalam berkunjung ke tempat ini khusunya dan tempat tempat wisata lainnya di Lombok, cukup dengan menghubungi team mereka di nomor telepon 0370 7027587 atau pin BBM di 26676D76, kita sudah dapat memesan paket perjalanan yang kita inginkan. Yuuuk buruan hubungi !


TAGS wisata lombok wisata suku sasak lombok lombok wisata religi lombok


-

Author

Follow Me